Sabtu, 09 Juli 2011

Coklat sebagai Sumber Antioksidan

Didalam coklat terdapat senyawa alami berupa antioksidan yang berguna sebagai pelindung tubuh dan menjadikan tubuh lebih sehat. Dan faktanya disetiap 100gr Dark Chocolate atau Kakao mempunyai antioksidan lebih banyak dari pada blueberry, green tea, ataupun red wine.

"Bahan utama dari coklat adalah biji kakao - benih dari buah pohon kakao" kata Debra Miller, Ph.D., Senior Nutrition Scientist di Hersey Center for Health and Nutrition, yang telah mempelajari manfaat kesehatan dari coklat secara ekstensif..
"Karena proses pengolahan coklat yang modern dan bentuk umum dari coklat berupa coklat batangan, banyak orang sekarang ini menganggap coklat bukan produk yang berasal dari alam, padahal kenyataannya coklat berasal dari alam" tambah Debra
Antioksidan: Baik untuk Tanaman, Baik juga untuk Manusia

Peneliti berteori bahwa tanaman secara alami memproduksi antioksidan untuk membantu mereka bertahan hidup di lingkungan yang keras dan melindungi mereka dari tekanan lingkungan. Senyawa yang sama yang juga dapat membantu manusia untuk bertahan hidup dari lingkungan yang keras.
Studi baru menunjukan bahwa antioksidan di makanan dapat mengurangi resiko untuk terkena berbagai macam penyakit, dari serangan jantung sampai kanker. Antioksidan seperti yang ditemukan di dark chocolate atau kakao juga dapat menyehatkan aktifitas kerja jantung, seperti melancarkan peredaran darah, menstabilkan tingkat kolesterol dalam darah, dan dalam beberapa kasus juga dapat menurunkan tekanan darah.
Dark chocolate dan kakao mengandung kadar senyawa antioksidan yang tinggi. 2 sendok makan coklat mengandung antioksidan yang lebih dari 4 cangkir green tea, 1 cangkir blueberry, dan 1½  gelas red wine. Studi juga menunjukan bahwa setelah 30 menit kita mengonsumsi 40 gr dark chocolate tingkat antioksidan dalam darah berupa epicatechin dan catechin meningkat




Bagaimana Antioksidan Bekerja?

Antioksidan bekerja dengan melindungi sel anda dari molekul yang merusak yang sering disebut radikal bebas. Radikal bebas pada dasarnya adalah molekul oksigen yang tidak stabil yang dapat memicu perubahan struktur normal dari sel yang sehat, perubahan ini dapat mengakibatkan munculnya beberapa penyakit kronis diantaranya kanker. Antioksidan bekerja dengan cara menetralisir radikal bebas tersebut. 
Radikal bebas sebenarnya berasal dari alam, namun saat kita semakin tua kemampuan antioksidan alami tubuh kita untuk melawan radikal bebas berkurang, para ahli mengatakan. Cara terbaik untuk menigkatkan kadar antioksidan dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kadar antioksidan tinggi.

Kapasitas Konsentrat

Jenis-jenis antioksidan yang ditemukan didalam coklat disebut polifenol, kelas besar yang dapat ditemukan di sayuran dan buah-buahan. Dark chocolate dan kakao mengandung sub-class antioksidan yang disebut flavanols dengan kadar yang sangat tinggi. Alasan mengapa dark chocolate dan kakao memiliki antioksidan yang sangat tinggi, karena antioksidan dalam coklat sangat terkonsentrasi, lebih dari 10% berat biji kakao kering terdiri dari polifenol saja dan itu belum termasuk antioksidan yang lain. Bayangkan jika berat biji kakao 1 gram maka kandungan polifenolnya adalah 0.1 gram! 

Maka dari itu konsumsi coklat dari sekarang! Beli Chocorolls sekarang, dapat enaknya, dapat juga sehatnya!

sumber: allchocolate.com

0 komentar:

Posting Komentar